E-mail

A. WEB BASED E-MAIL

Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut. Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.

Kelebihan :

  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.

Kekurangan :

  • Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
  • E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
  • Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.

B. POP Mail

POP Mail adalah e-mail yang kita terima melalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadi langganan kita.

Kelebihan:

  • dari POP Mail ini adalah e-mail ini dapat dibaca dalam kondisi offline (atau tidak terhubung internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan / connect komputer ke internet, lalu mendownload email-email kita dan kemudian memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu kita dapat membaca satu persatu email yang sudah kita terima. Setelah selesai kita dapat membuat balasan email yang kita buat. Untuk melakukan hal tersebut kita harus mempunyai program / software client mail seperti Microsoft Outlook Express atau Eudora. Adapun kekuranganya adalah kita tidak dapat membuka email dari sembarang tempat.

Kekurangan:

  • Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.

C. E-Mail Forwarding

Email forwarding adalah jenis layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email kita yang lainya. Email jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat email. Adapun kelebihan email forwarding adalah kita bisa menyembuyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu juga bila kita mengganti alamat email, kita tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru, kita cukup memberikan alamat forwardingnya. Sedangkan kelemahan email jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterimanya ke alamat yang lain, email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya.

Kelebihan:

  • Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

Kekurangan:

  • Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

    www.rizaljuly.wordpress.com

About Rizal

"Don't Shy To Try"
This entry was posted in Education. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s